Belajar Cara Membuat Animasi Efek Api Realistis Dengan Adobe Flash CS6

Belajar Cara Membuat Animasi Efek Api Realistis Dengan Adobe Flash CS6

 


Ilmunesia.com – halo sanak semua kali ini saya mau berbagi trik – trik cara membuat animasi efek api dengan adobe flash cs6, gambar diatas merupakan potongan dari gambar hasil animasi efek api yang telah saya buat dengan memanfaatkan fungsi dari deco tool (U) yang ada pada adobe flash cs6, dengan sedikit trik-trik kecil ala “BLERB_94” untuk membuat animasi apinya terlihat lebih halus dan nyata kayak yang ada di film – film pro animasi 2D gitu hehe….okelah tanpa banyak bicara langsung aja ke TKP.

1. Buka Adobe Flash CS6 sanak kemudian pilih actionscript.0.3, dan rubah tampilan workspace-nya menjadi classic (karena menurut saya tampilan workspace-nya classic lebih simple…tpi semua tergantung pribadi masing – masing sih).
 
  1. Klik 2 kali pada layer 1 dan rubah namanya menjadi api (ini untuk mempermudah kita dalam mengatur layernya), kemudian buatlah gambar titik menggunakan brush tool (B).
     
  1. Setelah itu klik pada gambar titik aneh yang kita gambar tadi serta klik kanan pada gambar dan pilih convert simbol dan beri nama api.
     
  1. Klik 2 kali pada gambar, kemudian hapus gambar upil eh titik hitam tadi.
    .
     
  1. selanjutnya pilih deco tool (U), dan pada drawing efect pilih fire animation dan atur pengaturannya seperti gambar yang dilingkar merah dibawah ini.
     
  1. Selanjutnya pilih deco tool (U) dan pada stage tahan klik dan geser sedikit keatas dan lepaskan klik-anya, secara otomatis frame gambar akan terus terbentuk sampai pada frame 50… sesuai dengan pengaturan yang telah kita atur sebelumnya. setelah semua hal tadi dilakukan klik pada panah berwarna biru untuk kembali keawal.
     
  1. Selanjutnya pindahkan gambar tersebut ketengah dan sedikit diperbesar dengan free transform tool (Q). 
  1. Klik pada gambar dan lihat pada bagian kanan terdapat fungsi filter… add filter BLUR kemudian GLOW dan atur sesuai dengan gambar dibawah ini, dan insert frame sampai ke frame 50 dengan cara klik kanan pada frame 50 dan pilih insert frame.
    .
     
  1. Selanjutnya buatlah 2 layer lagi dan beri nama “efek cahaya” dan “latar”, untuk layer efek cahaya letakan diantara layer api dan latar, sedangkan layer latar diletakkan dipaling bawah pada layer, serta kunci layer api dengan cara mengklik salah satu titik 2 yang ada pada layer tersebut.
     

 

  1. Klik pada layer latar dan buat gambar latar berwarna abu-abu seperti gambar dibawah ini. dan kunci juga layer latar.
     
  1. Klik pada layer efek cahaya dan buatlah persegi panjang seperti pada gambar dibawah ini kemudian klik kanan pada gambar tersebut >> convert simbol…. pada bagian filter add filter >> BLUR dan atur pengaturannya sesuai gambar dibawah ini.
     

 

  1. Berikutnya insert key frame pada frame ke 5 pada layer “efek cahaya” dan perkecil sedikit gambar pada frame layer tersebut.
     
  1. Hapus semua frame setelah frame ke 5 pada layer efek cahaya, selanjutnya klik kanan frame antara frame 1 dan frame 5 pada layer tersebut kemudian pilih create classic tween.
     
  1. Blok semua frame pada layer efek cahaya dari 1 sampai 5 dan copy paste-kan pada frame setelah frame 5 pada layer tersebut sampai pada frame ke 50.
     
  1. untuk melihat hasil animasinya tekan “CONTROL + ENTER”

Semoga Bermanfaat. Terimakasih
Foto : Istimewa

Sumber : https://barang94.blogspot.com/2016/03/belajar-cara-membuat-animasi-efek-api.html

LEAVE A COMMENT