CARA MEMBUAT DESAIN LOGO YANG BAIK DAN BENAR

CARA MEMBUAT DESAIN LOGO YANG BAIK DAN BENAR

ilmunesia.com – Logo merupakan sebuah gambar yang mewakili atau menunjukan identitas secara ringkas. saat ini logo tidak hanya di gunakan oleh perusahaan atau lembaga yang besar saja , tetapi logo juga kini banyak digunakan oleh usaha-usaha kecil dan perorangan. jadi wajar saja jika kebutuhan sebuah desain logo saat ini semakin meningkat dengan ditambahnya semakin banyak usaha-usaha atau lembaga-lembaga yang semakin berkembang.
sebuah desain logo yang baik dan benar akan sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan dan eksistensi bagi si pemilik logo. selain memiliki pengaruh yang positif logo juga bisa berpengaruh dan berdampak negatif .maka dari itu walau membuat logo itu terlihat mudah tetapi dalam pelaksanaannya saat merancang dan mendesain sebuah logo itu sangatlah tidak semudah seperti kelihatannya.  Butuh keahlian khusus dan inspirasi yang luas untuk bisa menciptakan sebuah logo yang memiliki kategori sebagai logo yang baik dan benar.

1. LOGO HARUS SINGKRON ATAU SESUAI

sebuelum membuat desain logo, sudah seharusnya seorang desainer wajib membaca dan memahami bahwa untuk apa dan siapa logo akan dibuat. Semua ini menyangkut tentang singkronisasi antara sebuah desain logo dengan pemiliknya, maka dari itu seorang desainer tidak boleh meremehkan hal ini jika tidak ingin cliennya komplien dan menarik diri. Lebih baik meluangkan waktu sedikit lebih lama demi hasil yang baik daripada singkat tetapi hasil nya asal-asalan. disinilah tempatnya yang menunjukan bahwa desainer profesional atau desainer karbitan. sebagai contoh jika seorang clien menginginkan sebuah logo untuk toko mainan anak-anak maka akan lebih baik jika seorang desainer mendesign sebuah logo yang ceria dan full colour, memilih font yang ke kanak-kanakan agar logo terlihat cerian dan mengasikan, begitu pula sebaliknya jika anda mendapatkan clien dari sebuah lembaga yang resmi seperti firma hukum.
 
Sebuah logo juga tidak harus menggambarkan secara detail tentang pemiliknya untuk terlihat sesuai dan singkron. seperti contoh nya sebuah perusaahaan motor, tidak harus menyertakan gambar motor pada logo agar terlihat sesuai, begitu juga dengan perusahaan perusaahan yang lain. bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, jika anda seorang pengendara sepeda motor pasti anda tidak asing dengan merk motor yamaha dan honda. kedua perusahaan besar tersebut memiliki logo yang sama-sama tidak ada gambar motornya, padahal jelas perusahaan mereka terkenal dan memproduk sepeda motor. jadi kesimpulannya bahwa sebuah logo harus sesuai dengan pemiliknya tetapi walau begitu logo tidak harus menggambarkan secara detail atau menyertakan gambar pruduk untuk menunjukan kesesuaian, cukup ciptakan sebuah logo yang simpel tapi benar-benar sesuai.
 

2. SEDERHANA ATAU SIMPEL

Seorang desainer yang hebat bukan mereka yang mampu menciptakan sebuah logo yang rumit dan susah, tetapi mereka yang mampu membuat sebuah logo sesederhana mungkin dari sebuah perusahaan atau apapun itu yang rumit dan memiliki banyak hal yang harus tertuang dalam logo. sering kita lihat bahwa sebuah logo dari perusahaan yang besar memiliki sebuah logo yang sangat simpel bahkan logo tersebut mampu membawa perusahaan tersebut ke kejayaan dan eksistensi yang sangat tinggi. sebagai contoh perusahaan yang besar tetapi memiliki logo yang simpel diantaranya logo nike, apel dan masih banyak yang lainnya.

Siapa yang tidak mengenal logo apa itu, sebuah logo dari perusahaan besar yang sangat populer tetapi memiliki logo yang sangatlah simpel dan terlihat sepele, tetapi siapa sangka dengan logo tersebut perusahaan nike mampu dibawanya ke masa kejayaan dan melegenda sampai saat ini.

3. MAMPU BERTAHAN LAMA

kriteria logo yang baik selanjutnya adalah logo yang baik adalah logo yang mampu mempertahankan eksistensinya dan tidak termakan oleh usia. sangat tidak mudah perusahaan untuk mempertahankan sebuah logo yang menurut mereka tidak cukup populer, dan seorang desainer tidak juga mudah menciptakan logo yang mampu bertahan lama dan mampu bersaing dengan logo-logo yang baru dan segar. karena sering kita lihat perusahan yang tidak eksis dengan logo nya beralih merk dan membuat logo yang baru berharap dengan menyegaran logo mereka dapat dengan mudah dikenal oleh masyarakat walaupun sebenarnya mereka adalah pemain lama.

 

Logo yang baik mempu bertahan hingga puluhan tahun, bahkan sampai 100 tahunpun merk dan logo tetaplah eksis dimasyarakat. sebagai contoh logo coca-cola yang masih eksis sampai sekarang. padahal logo coca-cola ini telah dibuat lebih dari seratus tahun yang lalu. siapa sangkat bahwa desainer yang dibuat sejak tahun 1988 mampu bertahan dan bersaing dengan logo-logo modern sekarang ini, bahkan coca-cola bisa lebih eksis dibandingkan dengan brand-brang logo modern.

4. MAMPU DIPASANG DAN DICETAK DI BERBAGAI MEDIA DAN APLIKASI.

Tidak semua logo bisa di pasang diberbagai media cetak dan aplikasi, hanya logo-logo yang baik dan berkulitas saja yang bisa di cetak dan di pasang di berbagai media. apapun warna dan konstur latar belakangnya, baik diberi warna gelap maupun terang, baik dicetak besar maupun kecil, baik dipasang diatas kertas maupun didalam aplikasi, logo yang baik akan selalu terlihat indah. terkdang sering kira menemukan sebuah logo yang sangat indah di dengan latar belakang gelap tetapu disaat di pasang dengan latar belakang terang logo terlihat tidak sempurna begitu sebaliknya.
 
Seroang Klien sebuah logo biasanya mengingin sebuah logo yang tidak bisa dicetak diatas kertas saja, tetapi banyak dari mereka yang menginginkan logo mereka nanti mampu dicetak diatas kaos, topi, mobil, stiker dan lainnya, ditambah lagi mereka meminta logo selain bisa dicetak juga harus bisa dan cocok di pasang di media aplikasi dan website. maka saya lebih menganjurkan untuk membuat logo dengan sistem warna pantone.

5. MEMILIKI FILOSOFI YANG MENDALAM

Ini adalah kriteria selanjutnya dari sebuah logo yang baik yaitu logo harus memiliki filosofi. Filosofi yang dimaksud adalah makna yang sesuai yang menggambarkan sebuah perusahaan kedalam sebuah karya yang simpel. maka dari itu kesederhanaan sangat berpengaruh dengan filosofi yang kuat. karena semakin sederhana dan simpelnya sebuah logo makan akan menambah makna dari filosofi sebuah logo. maka dari itu seorang desainer logo harus memiliki kemampuan menerangkan filosofi dari karya logo yang ia buat.
 
Semoga Bermanfaat.Terimakasih
 
 
 
Foto : Istimewa
Sumber : https://berbagihobiku.blogspot.com/2017/07/cara-membuat-desain-logo-yang-baik-dan.html

LEAVE A COMMENT