Cara Merubah Wajah Menjadi Tua Dengan Photoshop

Cara Merubah Wajah Menjadi Tua Dengan Photoshop

Tutorial Photoshop
 
ilmunesia.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Bagaimana Merubah Wajah Menjadi Lebih Tua Menggunakan Photoshop dan gambar dibawah ini adalah contoh manipulasinya. 
Langkah 1: Pilihlah foto yang tepat untuk di manipulasi
 
Dalam Sesion ini  Menggunakan Gambar Seperti Dibawah ini.
 
Cara Merubah Wajah Jadi Tua
 
Perhatikan Gambar dibawah ini, disini kita bisa melihat bahwa pada gambar ini kita dapat mengambil kerutan-kerutan yang terlihat samar karena usia yang belum tua, seperti dibagian dahi, bawah mata dan area bibir.
Membuat Wajah Menjadi Tua
 
Langkah 2: Mengumpulkan Bahan Referensi
 

Bahan referensi adalah kunci dalam metode belajar kita agar semakin mudah dalam memanipulasi foto, seperti halnya kita melihat foto orang-orang yang sudah lanjut usia agar kita tau penempatan perubahan pada foto yang nanti akan kita buat. saya mengambil referensi gambar dari searching di google seperti gambar berikut.

Manipulasi Wajah Menjadi Tua
 
Langkah 3: Penipisan Alis
 

Dan Pertama yang saya lakukan adalah menipiskan alis seperti halnya orang yang sudah lanjut usia alisnya akan tampak mengering dan menjadi warna abu-abu, dan yang saya lakukan adalah dengan menggunakan Tool Clone Stamp yang ada di Photoshop, setting 100% dengan ukuran kuasnya yang relatif kecil tergantung pada ukuran dan resolusi gambar. Penggunaannya cukup tekan ALT pada keyboard dibarengi dengan klik pada area kulit yang berada di pinggiran alis lalu lepas tombol ALT dan klik pada alis yang ingin di samarkan. 

Editi Foto Menjadi Tua
 
Langkah 4: Merubah Bentuk Wajah
 
Dalam pembentukan wajah saya menggunakan perintah Liquify caranya cukup menekan tombol SHIFT+CTRL+X dan perhatikan bagian yang harus di modifikasi pada gambar ini dengan cara di drag pada bagian pipi, hidung dan bagian rahang ke arah bawah agar tampak lebih tua karena kebanyakan orang tua memiliki bentuk yang lebih kendur daripada yang yang masih muda.
 

 

Foto Menjadi Tua Dengan Photoshop

 

Langkah 5: Memberikan Efect Lebih Gelap Pada Area Mata

 
Biasanya orang yang lebih tua lebih gelap pada area matanya, dan untuk memberikan efect agar bagian di sekitar mata lebih gelap saya menggunakan Brush Tool caranya sebelum menggunakan Brush Tool Tambahkan layer baru terlebih dahulu lalu ubah transparansinya menjadi 10%  dan pilih warna hitam untuk dan ubahlah settingan Brush Toolnya dengan Klik Kanan Lalu Geser Slider yang dibawah agar lebih terlihat samar.
 
Cara Merubah Foto Menjadi Tua Dengan Photoshop


Langkah 6: Mengurangi ketebalan bibir

 
Biasanya orang yang lebih tua bibirnya semakin mengecil, dan saya menggunakan clone stamp tool untuk merubah bibir agar terlihat lebih kecil contohnya sama seperti saat saya menyamarkan alis menjadi lebih tipis.
Mengubah Foto Menjadi Tua Dengan Photoshop
 
Langkah 7: Merubah garis wajah menjadi lebih jelas dan banyak.
 
 
Mengubah Foto Menjadi Tua di Photoshop
Yang saya lakukan untuk memperbanyak keriput diwajah dengan mengambil garis wajah aslinya menggunakan select Lasso Tool lalu di copy paste dan saya memperjelas keriputannya dengan pengaturan pencahayaan pada Brightness yang tampak jadi lebih gelap lalu di hapus area pinggirannya dengan Erase Tool agar tampak samar dan copy sebanyaknya dan sesuaikan di area-area yang harus diberikan garis keriput untuk mengcopy lakukan dengan menekan tombol ALT sekaligus di drag ulangi seterusnya dan lihat contoh hasilnya seperti dibawah ini.
Manipulasi Foto Menjadi Tua di Photoshop
 

Langkah 8: Mengubah warna

 
Biasanya Orang lebih tua akan tampil warna yang lebih buram dari pada orang yang masih mudah seperti halnya dibagian gigi dimana gigi menjadi lebih kuning, cobalah atur warnanya pada bagian yang saya beri tanda panah dan lakukan dengan menseleksi bagian tersebut menggunakan Lasso Tool Lalu Atur Feathernya agar samar pada area sisi seleksinya dan gunakan perintah color balance untuk merubah warna pada bagian area tersebut lakukan kebeberapa titik sesuai petunjuk dibawah ini.
Edit Foto Menjadi Tua di Photoshop
 
Langkah 9: Mempersiapkan Rambut
 
 
Belajar Menggunakan Photoshop

Buatlah sebuah layar Mask seperti gambar diatas bagian yang putih adalah bagian yang nantinya kita kurangi nilai Saturation agar tampak menjadi warna putih dan bagian yang hitam tidak akan ikut berubah lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

 
Belajar Menggunakan Photoshop CS3
Tutorial Photoshop CS3
 
Langkah 10: Penyempurnaan Rambut
 
Langkah berikutnya adalah untuk meningkatkan garis rambut dan menipis rambut. Rambut rontok adalah umum dengan kedua jenis kelamin. saya mencicipi daerah di bagian atas dahi dan memperpanjang daerah kulit di atas garis rambut asli. 
Photoshop Tutorials
 
Langkah 11: Menambahkan bagian rambut yang hilang
 
Banyak rincian rambut hilang dalam langkah sebelumnya sehingga dengan ukuran kuas tipis pada 80 persen opacity Saya menarik rambut abu-abu halus, jarang ditata. untuk penyesuaian ini butuh kesabaran dan perlahan-lahan agar mendapatkan hasil yang maksimal, contoh gambar sebelah kanan adalah hasil dari penambahan rambut-rambut halus menggunakan brush tool.
Brush Tool Photoshop
 
Setelah kita mengikuti beberapa tahapan diatas hasil yang maksimal akan seperti gambar dibawah ini dimana wajah yang tadinya masih muda menjadi jauh lebih tua.
 
 
Edit Foto Menjadi Lebih Tua Dengan Photoshop

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan tentang pembahasan Cara Merubah Wajah Menjadi Tua Dengan Menggunakan Adobe Photoshop kemudahan dalam memanipulasi sebuah foto sangat tergantung dari foto yang ingin di manipulasi saya sarankan untuk mencari foto yang mudah untuk di manipulasi.

Semoga Bermanfaat . Terimakasih
 
 
 
 
Foto : Istimewa
Sumber : http://tips-okey.blogspot.com/2013/10/cara-merubah-wajah-menjadi-tua-dengan-photoshop.html
TAGS:

LEAVE A COMMENT