Cara Mudah Membuat Pamflet Dengan Photoshop

Cara Mudah Membuat Pamflet Dengan Photoshop

ilmunesia.com – Pamflet (atau dapat juga disebut selebaran, sebaran, risalah, tebaran) adalah tulisan yang dapat disertai dengan gambar atau tidak, tanpa penyampulan maupun penjilidan, yang dicantumkan pada selembar kertas di satu sisi atau kedua sisinya, lalu dilipat atau dipotong setengah, sepertiga, atau bahkan seperempatnya, sehingga terlihat lebih kecil. 

Langkah 1

Buka Adobe photoshop. kemudian buatlah lembar kerja baru, tekan CTRL N. berikan ukuran kertas A4 yaitu 210x297mm. jadi model pamflet donor darah kita berbentuk vertical.

 

Langkah 2

Aktifkan Type Tool (T), tulislah kalimat “Donor Darah”. gunakan Font Bebas berukuran 60pt, berwarna merah
 

Langkah 3

Sekarang kita akan membuat bentuk kantung darah. gunakan Pen Tool (P), lalu buatlah bentuk seperti dibawah ini. itu adalah bentuk setengah dari kantung darah bagian bawahnya, nanti kalau jadi baru digabungkan jadi untuk.

 Tahan Shift, untuk mendapatkan garis lurus pen tool. tekan Ctrl jika ingin mengedit titik pen pada garis vector.

 

 
Setelah sudah jadi seperti diatas, klik kanan dan pilih Fill Path. gunakan warna merah darah. tekan Enter. selanjutnya, kita akan duplikat objek tersebut menjadi dua. tahan Shift Ctrl lalu klik dan geser kesebelah kanan. 
 
Tekan CTRL T pada hasil kopian. klik kanan dan pilih Flip Horizontal

 

Geser sampai keduanya menyatu. maka hasilnya akan seperti gambar dibawah. bagian bawah kantung darah sudah jadi. gabungkan layernya dengan cara, blok kedua layer lalu tekan CTRL E.

 

Jika kantung darah terlalu besar, kecilkan saja. tekan CTRL T lalu kurangi ukurannya. begitupun sebaliknya untuk membesarkan tulisan. intinya tulisan dan bentuk kantung darah bisa seimbang.

 

Lanjutkan dengan membuat bagian atas kantung darah. masih menggunakan Pen Tool. cukup memakai teknik yang sudah dipakai sebelumnya. warna dari objek harus merah, supaya seirama.

 

Langkah 4

Membuat bentuk tetesan darah. Gunakan Custom Shape Tool pada toolbox photoshop. dibagian atas pengaturannya, cari Shape – pilih Raindrop. pergi kelembar kerja, dan mulailah membuat bentuk tetesan air. berikan warna merah pada Fill.

 

Langkah 5

Tambahkan Teks golongan darah, mulai dari golongan darah A, AB, B dan O. untuk teksanya saya berikan Font Berlin Sans FB ukuran 60pt warna Putih. kalau sudah fix, blok semua layer tetesan air dan teksnya lalu tekan CTRL G. meka akan menjadi satu grup.

 

Langkah 6

Setelah itu, mulailah menulis Slogan donor darah, alamat dan lokasi tempat diadakannya pelayanan donor darah tersebut. untuk jenis font, silahkan menggunakan font favorit kalian semua. pastikan waktu dan tempat dapatt dibaca dengan jelas.

 

Tips

Supaya pamflet donor darah lebih keren dan menarik. maka saya tambahkan kotak merah dibagian bawah kalimat “Datang donasikan darahmu”. caranya buat dulu layer baru dibawah teks tersebut. aktifkan Rectangle Marquee Tool – lalu tekan Shift Backspace – pilih warna merah – Enter.  kemudian rubahlah warna dari teks menjadi putih. hasilnya lihat pada gambar.

 

Kalau ingin membuat tulisan memiliki garis pinggir seperti “Minggu 11 Maret 2017”. cukup klik kanan pada layer teksnya – pilih Blending Options. gunakan Stroke, atur Size sesuai selera dan berikan warna merah. lalu ubahlah warna teks tersebut jadi warna putih.
 

Hasil Akhir Membuat Pamflet Donor Darah

Bagaimana sobat ? mudahkan membuat pamflet dengan photoshop. waktunya untuk mencetak pamflet atau publikasikan melalui media sosial. semakin keren pamflet yang dibuat maka semakin banyak orang yang berminat untuk membacanya.
 
SemogaBermanfaat. TerimaKasih
 
 
 
Foto : istimewa
Sumber : https://www.grafis-media.website/2017/03/cara-mudah-membuat-pamflet-photoshop.html

LEAVE A COMMENT