Ilmunesia - Mengenal c dan perkembangan

Mengenal c dan perkembangan

Mengenal c dan perkembangan

 

Ilmunesia.com – Pencipta C adalah Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ritchie sekitar tahun 1972. C adalah bahasa pemograman terstruktur, yang membagi program dalam bentuk sejumlah blok. Tujuannya adalah untuk memudahkan pembuatan dan pengembangan program. Program yang ditulis dengan menggunakan C mudah sekali untuk dipindahkan dari satu jenis mesin ke jenis mesin lainnya. Hal ini berkat adanya standarisasi bahasa C yaitu berupa standar ANSI (American National Standards Institute) yang dijadikan acuan oleh para pembuat kompiler C.Pada era awal C kebanyakan pakar berpengalaman dalam bidang ini setuju bahwa PBO dan C dapat mengurangi kompleksitas program, terutama pada program yang memiliki kapasitas besar yang terdiri atas 10.000 baris atau lebih. Pada tahun 1933 Perry mencuplik ungkapan para pelopor industri C yang pada intinya para pelopor industri C menyatakan dapat meningkatkan produktivitas pemograman lebih dari dua kali dibandingkan bahasa prosedural yang ada, seperti Pascal, BASIC, dan C.

 

Perkembangan Bahasa Pemrograman C

 

Bahasa C merupakan pengembangan dari bahasa C. Bahasa C pertama kali dirintis oleh Dennis Ritchie yaitu pada tahun 1972 di ruang laboratorium AT & BELL, yang merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk merancang sistem operasi UNIX yang sangat terkenal ketika itu.

Awal mula perkembangan bahasa C yaitu ketika Ken Thompson membuat bahasa B yang akan digunakan pada sistem operasi UNIX. Huruf B sendiri, diambil dari nama depan laboratorium yang digunakan, yaitu BELL. Meskipun banyak mengalami kendala dalam pembuatan bahasa B tersebut, bahasa B tetap dikembangankan dan berganti nama menjadi bahasa C dengan penambahan beberapa sintaks dan  tipe data baru oleh Dennis Ritchie. Awal mulanya, bahasa C ditujukan untuk pembuatan sistem operasi UNIX.

Pada tahun 1978 Dennis Ritchie dan Brian Kernighan mempublikasikan buku berjudul The C Programming Language. Dalam perkembangan setelah itu, bahasa pemrograman C menjadi bahasa pemrograman yang luas. Bahasa C ini sangat powerful dan fleksibel, sehingga dapat berkembang pesat. Beberapa perusahaan mulai mengembangkan utilitas untuk melengkapi kekurangan yang masih ada pada bahasa C, sehingga terdapat berbagai versi dari bahasa C yang berbeda-beda.

American National Standards Institute (ANSI) pada tahun 1983 membakukan bahasa C dalam bentuk standar C ANSI atau sering disebut C ANSI. Dengan demikian menjadikan seluruh perusahaan dalam pengembangan bahasa C, mengacu pada standar ini. 

Pada umumnya bahasa C digunakan untuk pemrograman yang terstrukutur. Ada beberapa perusahaan yang tertarik dan ikut mengembangkan bahasa C, antara lain Borland yang hasil pengembangannya diberi nama Borland C dan Turbo C serta tak ketiggalan Microsoft yang mengembangkan Ms. C. Selain itu ada compiler C yang banyak dikembangkan pada platform linux yang sering disebut GNU C.

Dari teknik pemrograman tersruktur yang diterapkan oleh bahasa C, dikembangkan lagi hingga menjadi berorientasi pada objek (object oriented programming atau OOP). Bahasa C juga mengalami

 

Semoga bermanfat, Terimakasih

Foto : Istimewa

Sumber : http://www.teknisimudahandal.com/2017/12/manfaat-kelebihan-dan-perkembangan.html

LEAVE A COMMENT