Ilmunesia - Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Adobe Premiere Pro

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Adobe Premiere Pro

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Adobe Premiere Pro

ilmunesia.com – Adobe adalah sebuah perusahaan perangkat lunak yang bergerak dibidang grafis, animasi, video dan pengembangan web. Adobe adalah salah satu perusahaan terbesar perangkat lunak didunia yang memiliki banyak software yang sering digunakan sebagai alat design.

Perusahaan adobe didirikan pada tahun 1982 yang terletak di San JoseCaliforniaAS. Produk yang terkenal dan sering digunakan, yaitu: photoshop, flash dan acrobat. Setiap tahun adobe terus mengembangkan softwarenya guna menyesuaikan kebutuhan pengguna / user dan membuat software tersebut menjadi lebih baik lagi.

Selain photoshop yang dikenal sebagai software pengedit foto adapula adobe membuat software untuk mengedit video. Nama software tersebut adalah Adobe Premiere Pro. Ada banyak versi Adobe Premiere, dari Adobe Premier Pro, Adobe Premier CC, dan lain sebagainya. Semua versi tersebut tentunya memiliki fitur yang berbeda-beda.

 

Berikut ini adalah Kelebihan dan Kekurangan Adobe Premiere Pro

Kelebihan Adobe Premiere Pro

  1. Dapat mengcapture video dari camcorder yang terhubung ke komputer atau laptop dan dapat disimpan ke dalam berbagai format file.
  2. Mudah dalam membuat judul video karena memiliki 3 title.
  3. Memiliki timeline yang dapat diisi dengan banyak sekali video serta audio untuk memperkaya efek atau memperbagus video yang kamu buat. Batasannya pada beberapa versi ada yang sampai 99 kolom video dan 99 kolom audio, yang berarti kamu dapat membuat kombinasi sangat banyak sekali.
  4. Memudahkanmu dalam mengelola file-file yang dibutuhkan untuk melakukan editing karena tersedia fitur explorer built-in yang dapat digunakan untuk browsing.
  5. Memiliki antarmuka yang memanjakan mata, serta memudahkan untuk mengoperasionalkan proses editing video karena memiliki tampilan serta preview yang membuat editing video menjadi lebih mudah.
  6. Memiliki ketelitian waktu edit sampai sekitar 0.01 detik. Dengan demikian kamu dapat membuat frame yang lebih halus sehingga filmmu juga akan lebih bagus.
  7. Ada banyak sekali dukungan file video yang dapat diedit oleh Adobe Premiere. Dengan demikian kamu tidak perlu direpotkan karena harus mengubah format video dari satu file ke file yang lain terlebih dahulu sebelum pada akhirnya dibuka pada Adobe Premiere.
  8. Memiliki kemampuan untuk membuat efek-efek yang menarik dan dapat kita edit sesuai dengan keinginan kita seperti efek zooming, efek overlight atau overdick, dan lain sebagainya. Salah satunya dapat membuat kata-kata yang bergerak sesuai dengan direksi yang kita berikan pada aplikasi tersebut. Kamu juga bisa mengkopi efek pada proyek satu ke proyek lainnya.
  9. Memiliki dukungan media encoder yang juga berasal dari aplikasi encoder yang tangguh yaitu Adobe Media Encoder.
  10. Tidak mudah crash alias stabil, dengan demikian pengalaman editing juga akan sangat baik.
  11. Mendukung sistem 64 bit, dengan demikian kamu dapat memanfaatkan jumlah ram yang lebih banyak untuk memaksimalkan proses editing pada komputermu
    Dapat melakukan time reverse atau membalik jalannya video dengan mudah dan cepat.
  12. Mendukung format output berupa video HD.
  13. Memiliki fitur auto save project yang dapat membantu mengantisipasi listrik mati atau crash di tengah jalan yang dapat menyebabkan proyek editing yang sedang dilakukan lupa belum ke save.
  14. Memiliki fitur rendering atau penggabungan video tanpa memasukkan suara yang rata-rata tidak tersedia di aplikasi lain.
  15. Dapat memilih output video edit yang beragam seperti MPEG-2 atau Avi.

Kekurangan Adobe Premiere Pro

  1. Salah satu kekurangan dari Adobe Premiere tentu masalah pembelajaran yang tidak mudah. Untuk dapat menjadi Adobe Premiere, kamu butuh mempelajarinya secara serius terlebih dahulu.
  2. Memiliki ukuran instalasi yang besar sehingga bakal memakai banyak ruang di hardiskmu.
  3. Oleh karena aplikasi ini memiliki lisensi, maka untuk memakainya kamu butuh membeli lisensinya tersebut. Sayangnya, untuk ukuran kantong mahasiswa, harga lisensi yang diberikan cukup mahal. Itu pun harus diperbarui setiap bulan.
  4. Membutuhkan spesifikasi komputer yang berada pada rentang medium sampai high-end. Cukup wajar mengingat kemampuan yang dimilikinya dalam editing video.
  5. Tidak terdapat full screen preview.
  6. Tidak dapat menyimpan file video secara langsung melainkan harus melalui proses rendering.
  7. Beberapa teknik untuk melakukan editing video memerlukan aplikasi lain untuk menjalankannya. Misalnya kamu membutuhkan Adobe After Effects untuk memoles videomu, atau membutuhkan SpeedGrade untuk mempercantik video yang sedang kamu edit. Tentunya hal ini agak menyebalkan apabila aplikasi tambahan itu pun juga harus dibeli dengan uang sebelum kita dapat menggunakannya secara legal.

 

Semoga bermanfaat, terimakasih.

 

Foto : Istimewa

Sumber : https://bierpinter.com/design/20-kelebihan-dan-kekurangan-adobe-premiere-pro/

 

COMMENTS

  1. alqoyume

    mantab penjelasannya sesuai yang aku lakukan dan praktikan, sangat bermanfaat

LEAVE A COMMENT