Ilmunesia - Mengetahui Kekurangan Dan Kelebihan CSS

Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan CSS

Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan CSS

ilmunesia.com – Sebelum kehadiran CSS, seorang webmaster harus bekerja ekstra keras menuliskan tag-tag HTML baik untuk mendesain layout ataupun untuk memberi gaya tampilan (style) pada bagian-bagian tertentu dari situ web yang akan dibuatnya. Pekerjaan ini tentu semakin berat apabila situs web tersebut terdiri dari puluhan atau bahkan ratusan halaman dengan tampilan yang berbeda-beda, karena setiap tampilan membutuhkan penulisan tag-tag yang secara mandiri unik. Untuk bagian-bagian dengan tampilan yang sama pun seorang webmaster harus direpotkan dengan penulisan tag-tag HTML secara berulang-ulang.

Kelebihan CSS :

Hadirnya CSS, pekerjaan seorang webmaster menjadi jauh lebih ringan. CSS mampu menghindarkan pengulangan dalam penulisan tag HTML, sehingga ukuran file pun akan jauh lebih kecil. Dengan ukuran file yang kecil, proses loading situs web juga akan jauh lebih cepat.

Meskipun sebuah file CSS bisa diintegrasikan langsung dengan file HTML, namun umumnya file CSS dibuat secara terpisah, sehingga memungkinkan kita mendekorasi tampilan bagian-bagian tertentu dari halaman web secara serempak.

Inilah manfaat paling penting dari CSS Mempelajari CSS bisa jadi bukan pekerjaan mudah. Namun, ada banyak keuntungan lain yang akan kita peroleh dengan menggunakan CSS ini, yaitu:

1. Update tampilan lebih mudah
Mengupdate tampilan situs web yang terdiri dari beberapa halaman saja tentu jauh lebih mudah daripada untuk situs dengan ratusan atau ribuan halaman. Dengan CSS, kita akan dapat mengupdate tampilan halaman-halaman web dalam jumlah banyak dengan mudah, karena semua tag untuk style ini berada pada satu file CSS saja.

2. Beban bandwidth lebih kecil
Dengan CSS, ukuran file web akan menjadi “langsing” karena tag-tag style dipisahkan secara mandiri. Hal ini secara signifikan akan berdampak pada proses loading yang lebih cepat. Selain itu, CSS hanya akan di-load satu kali oleh browser dan akan terus diterapkan pada halaman-halaman lain. Hal ini berbeda dengan situs yang menggunakan table karena harus di-load berulang-ulang.

3. Modifikasi web template lebih mudah
Cara paling cepat membangun situs web ialah dengan menggunakan template. Namun terkadang template tersebut tidak sesuai dengan keinginan dan keperluan kita. Dengan CSS, kita akan lebih mudah melakukan “vermak” pada template tersebut, misalnya mengganti warna latar atau mengubah jenis huruf.

4. Lebih mudah digunakan pada mobile phone
Sekarang, orang melakukan browsing tidak hanya melalui browser di PC, tetapi juga melalui mobile phone atau PDA. Situs web yang menggunakan CSS akan jauh lebih mudah digunakan oleh mereka yang browsing melalui gadget-gadget tersebut.

5. Seacrh engine friendly
Sebuah situs web yang dilayout dengan CSS akan lebih search engine friendly daripada situs-situs web yang menggunakan table sebagai pondasi layoutnya.

 

Kekurangan CSS :

Salah satu kekurangan CSS yang sangat menyita waktu adalah fakta bahwa tidak semua browser mengartikan sintaks – sintaks CSS sama. Adakalanya Desain sudah terlihat rapi di suatu browser namun ketika dicoba di browser lain malah jadi acak – acakan. Selain itu terdapat kekurangan yg lainnya seperti browser yang tidak support CSS (browser lama), belum lagi ada bug/error dalam CSS Namun bukan berarti kekurangan ini jadi satu halangan, karena kekurangan ini dapat diatasi dengan script – script khusus atau biasa disebut dengan CSS.

 

Semoga bermanfaat, terimakasih.

 

Foto : Istimewa

Sumber : http://novan123mm.blogspot.com/2015/02/kelebihan-dan-kekurangan-css-kelebihan.html

LEAVE A COMMENT