Ilmunesia - Pengertian dan Sejarah GIMP

Pengertian dan Sejarah GIMP

Pengertian dan Sejarah GIMP

ilmunesia.com – GIMP adalah perangkat lunak , raster grafik editor. digunakan sebagai retouching gambar dan perangkat pengeditan , Selain bebas-bentuk gambar, gambar GIMP dapat memenuhi kepentingan mendasar seperti ukuran, mengedit, dan cropping foto, menggabungkan beberapa foto., Dan mengkonversi format gambar berbeda. GIMP dapat juga digunakan untuk membuat gambar dasar animasi dalam format GIF. Saat ini, GIMP dapat digunakan untuk pekerjaan amatir atau profesional dengan disain keperluan monitor dan mencetak pada printer ink-jet.

Visi produk untuk GIMP adalah menjadi aplikasi grafis high-end untuk mengedit dan penciptaan gambar asli, ikon, unsur-unsur grafis dari halaman web dan seni untuk elemen antarmuka pengguna. Satu titik dalam visi produk GIMP yang akan melihat GIMP yang digunakan untuk pengembangan algoritma pengolahan citra-mutakhir.

Sejarah GIMP

GIMP awalnya berdiri untuk Program Manipulasi Gambar GIMP’s, Spencer Kimball dan Peter Mattis., Mulai mengembangkan GIMP pada tahun 1995 sebagai proyek semester-lama di University of California, Berkeley. Rilis publik pertama dari GIMP (0,54) dibuat pada bulan Januari 1996 , Pada tahun 1997 GIMP menjadi bagian dari proyek GNU, dan singkatan GIMP diubah menjadi Program Manipulasi Gambar GNU.. Saat ini GIMP dikelola dan ditingkatkan oleh sekelompok relawan di bawah naungan dari Proyek GNOME.

GIMP pada awalnya diciptakan untuk sistem UNIX, Linux, SGI IRIX, dan HP-UX didukung pada rilis pertama. Sejak rilis pertama GIMP dengan cepat diadopsi dan muncul komunitas yang terdiri dari pengguna yang diciptakan tutorial, karya seni dan teknik bersama. Sejak rilis awal, GIMP sudah porting ke banyak sistem operasi termasuk Microsoft Windows dan Mac OS X; port asli ke platform win32 dimulai oleh programmer Finlandia Tor Lillqvist (TML) pada tahun 1997 dan didukung dalam 1,1 GIMP rilis.

GIMP telah menggunakan tiga antarmuka pengguna grafis (GUI) toolkit sejak awal; GIMP Motif awalnya digunakan pada rilis publik pertama (0,54). Pada beberapa titik Petrus Mattis menjadi kecewa dengan Motif dan dikembangkan sendiri toolkit GUI toolkit bernama GIMP (GTK); GTK telah berhasil diganti Motif dalam rilis 0,60 dari GIMP , Akhirnya GTK ditulis ulang menjadi objek. berorientasi dan diganti namanya GTK +, ini pertama kali terlihat di GIMP 0,99.

 

 

Semoga Bermanfaat, Terimakasih.

 

 

Foto : Istimewa

Sumber : https://wahyuherdani.wordpress.com/2011/10/20/sejarah-awal-gimp/

LEAVE A COMMENT