Tutorial Membuat Objek Tembus Beground

Tutorial Membuat Objek Tembus Beground

ilmunesia – Pernah anda melihat atau mencoba beberapa aplikasi pada smartphone yang dapat membuat semua benda terkhusus pakaian manusia terlihat tembus pandang?. Mungkin sedikit menyerupai itu. Tetapi ini bukan aplikasi, hanya manipulasi grafis 2D saja.
     dalam hal ini maksudnya adalah benda ‘A’ yang berada di depan benda ‘B’ terlihat berlubang dan ‘mempersilahkan’ citra benda ‘B’ untuk terlihat jelas.

Teknik rekayasa photoshop

     Untuk melakukan teknik ini, terlebih dahulu anda harus memikirkan konsep kecil yang sangat penting untuk diperhatikan dengan baik. Yaitu tahap pengambilan gambar dengan kamera. Karena untuk membuat pekerjaan anda menjadi mudah dan tidak banyak membuang waktu, anda memerlukan 2 buah foto yang secara Komposisi, Posisi, Tone warna, Intensitas cahaya, dan Tekstur yang sama persis. Sebisa mungkin tingkat kemiripan antara 2 foto tersebut mendekati 100%. Kecuali Obyek yang akan anda buat tembus. Itu harus memiliki 2 posisi yang berbeda sesuai dengan keinginan anda. Sebagai contoh , perhatikan gambar 2 foto yang relatif sama di bawah ini:

Teknik rekayasa photoshop

Yang jadi Obyek utama saya kali ini adalah “Monitor Notebook”

Mari kita mulai…

Saya asumsikan anda sudah melakukan tahap pertama dan sudah memiliki 2 buah foto seperti yang saya jelaskan di atas. Usahakan gambar pilihan anda sendiri. Saat pengambilan gambar pastikan fokus kamera tertuju pada obyek di foto kedua (belakang obyek foto pertama) Kita anggap saja Foto pertama : “A” dan foto kedua : “B” 

     Perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Photoshop anda.
  • Buka (File >> Open) foto “A”.
  • Buat seleksi pada area yang akan dibuat tembus/berlobang dengan Pen tool. Bila belum tau cara menggunakan pen tool, klik di sini. Contoh seleksinya mungkin seperti gambar di bawah:
Teknik rekayasa photoshop

Ingat !!! Seleksi pada area yang akan dibuat tembus/berlubang saja ! sudah terlihat dari seleksi gambar di atas bahwa saya akan membolongkan monitor LCD Notebook.

  • Yakinkan diri anda bahwa sbelumnya anda sudah tau cara membuka kunci layer. Caranya klik 2 kali pada layer terkunci (foto tersebut), bila ada MessageBox, beri nama layernya dengan nama “A” . Kemudian klik saja OK.
  • Hapus gambar dalam area seleksi dengan Eraser sehingga area itu menjadi transparan. 
Teknik rekayasa photoshop
Citra kotak-kotak halus pada area seleksi menandakan bahwa area tersebut sudah transparan
  • Tahap berikutnya, Masukkan Foto “B” dengan cara klik File >> Place
  • Setelah terbuka, Foto “B” akan menempati posisi di atas Foto “A”. Oleh karena itu, tekan (Ctrl + [ ) untuk meletakkannya di bawah Foto “A” .

Bila hasil tangkapan kamera anda sudah sangat baik, dan kedua gambar memiliki nilai keseluruhan yang sama, maka sampai langkah ini anda sudah mendapatkan hasil Manipulasi Tembus pandang yang sangat baik. Bila tidak, lanjutkan langkah di bawah !

  • Sesuaikan posisi dan komposisinya (Ukuran,Kemiringan,Perspeksi) dengan menekan (Ctrl + T) , Lalu sesuaikan juga Brightness/Contrast,saturasi,Hue,dan ketajamannya. Anda bisa mendapatkannya di Menu bar Image >> Adjustments >> . . . ..

Gunakan Imajinasi dan kepekaan anda untuk memastikan nilai antara kedua gambar (“A” dan “B”) sudah sama persis.

Ini Contoh hasil Manipulasi yang saya ciptakan:

Terlihat jelas Monitor LCD Notebook menjadi tembus pandang sehingga Citra bagian motor di belakangnya menjadi terlihat

     Sampai saat ini, banyak orang tidak mengetahui teknik di atas, mungkin karena terlalu berfikir kompleks,malas,bingung, atau karena hal lain. Dan khusus untuk teknik ini, sekali lagi saya katakan Tahap terpenting terletak pada proses pengambilan gambar, berikutnya kemampuan olah photoshop, dan Imajinasi.

Semoga Bermanfaat. Terimakasih

 

 

Foto : Istimewa
Sumber : http://kotoranhewantetangga.blogspot.com/2013/02/citra-tembus-pandang.html

LEAVE A COMMENT